Inklusi Pajak, Sarana Budaya Sadar Pajak

Jumat (24/10), Program Studi Pendidikan Ekonomi menyelenggarakan seminar yang bertajuk “Inklusi Pajak Bagi Dosen Dan Mahasiswa”. Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan MOU Undiksha bersama Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bali sehubungan dengan inklusi pajak di perguruan tinggi.  Dalam seminar ini turut mengundang Dian Anggreni, selaku Kepala Seksi Penyuluhan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bali sebagai narasumber.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Seminar C1 Fakultas Ekonomi ini dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi, Gede Putu Agus Jana Susila, S.E, MBA., mewakili dekan yang sedang berhalangan hadir. Sejumlah 60 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan beberapa dosen Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Undiksha menjadi peserta dalam seminar ini.

Dimoderatori oleh M. Rudi Irwansyah, S.Pd., M.Pd., dosen di Prodi Pendidikan Ekonomi, seminar ini mengangkat tentang integrasi materi kesadaran pajak dalam pendidikan. Dalam pemaparan materinya, Dian Anggreni menyampaikan pentingnya menyisipkan materi kesadaran pajak ke dalam Mata Kuliah MPK seperti Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dan Agama. Dimana nantinya mahasiswa akan mempelajari pentingnya pajak dalam pembangunan, nilai pajak dalam konteks sejarah Indonesia, pengelolaan pajak, dan kewajiban warga negara membayar pajak sebagai wujud bela negara. Sehingga diharapkan, budaya kesadaran pajak dapat terbangun sejak dini melalui pendidikan tinggi. (win)

Silakan Didownload Biodata Wisuda