WEBINAR “ROTASI MILENIAL”

Pandemic Covid-19 memberikan perubahan pada perekonomian Indonesia. Generasi muda turut berperan dalam melakukan perubahan yang berdampak bagi peningkatan perekonomian Indonesia. Investasi bagi generasi milenial sebagai investor pemula turut berkontribusi bagi Perekonomian Negara, untuk itu generasi muda perlu dikenal dan mengenai pentingnya berinvestasi sejak dini untuk mempersiapkan masa depan. Kesadaran tersebut menuju pada paradigma yang positif untuk memulai investasi di kalangan kaum muda, tidak terkecuali di kalangan mahasiswa. Untuk mendukung minat mahasiswa dalam berinvestasi maka Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha meyelenggarakan kegiatan webinar di pertengahan tahun 2021 dengan tema “ngobrolin investasi generasi milenial” pada hari Kamis 1 Juli 2021. Webinar yang dilaksanakan secara virtual ini menghadirkan narasumber dari kalangan praktisi yaitu dari Bursa Efek Indonesia perwakilan Bali (Danang Purbo Raharjo, SE.I) dan dari MNC Sekuritas (Made Cahyani Prastuti, S.E), adapun Sambutan diberikan oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi Undiksha (Dr.Dra.Ni Made Suci. M.Si).

Kegiatan webinar ini diikuti oleh 500 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa. Kegiatan terbagi menjadi 3 sesi yaitu pembukaan, pemaparan materi oleh narasumber dan Diskusi yang diakhiri dengan acara penutupan. Kegiatan diskusi dipandu oleh moderator yang juga merupakan akademisi Undiksha (Ni Nyoman Yuliantini, SE., MM). Kegiatan diskusi diikuti dengan sangat antusias oleh peserta webinar dengan menjaring beberapa partisipan dan salah satu hal yang sangat menarik dari webinar tersebut yaitu pemberian door prize menarik dari BEI dan MNC sekuritas yang dimenangkan oleh 12 orang mahsiswa FE Undiksha.

Pemaparan dari Narasumber diharapkan mampu membangkitkan minat mahsiswa dan masyarakat dalam berinvestasi, sehingga mahasiswa tidak hanya mengenal teori berinvestasi namun mampu mengenal lebih dekat dari segi tataran praktik. Mahasiswa melalui mata kuliah manajemen keuangan juga sebelumnya mendapatkan berbagai teori mengenai pengelolaan keuangan dengan menanamkan penghasilan–penghasilan yang didapatkan di instrumen investasi. Umumnya generasi milenial belum memahami dengan baik mengenai investasi ditengah beragamnya instrumen investasi yang tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Webinar ini bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa mengenai investasi dan pasar modal. Kekhawatiran untuk menanamkan uang kita di pasar modal mampu diminimalisir sebab investasi mampu menawarkan pula instrumen yang aman. Bahkan, pemerintah sendiri mendorong masyarakatnya untuk ikut berinvestasi terutama di saat perekonomian yang terjadi saat ini, sehingga salah satu indikator iklim bisnis yang sehat dari sebuah Negara dapat dilihat dari kondisi pasar modalnya. Ketika pasar modalnya terbilang cukup baik, maka akan semakin mendorong investor–investor asing untuk menanamkan modalnya di negara kita.

Narasumber dari BEI perwakilan Bali (Danang Purbo Raharjo, SE.I) menyampaikan pula paparannya bahwa kegiatan investasi ini harus di set dari muda, dengan modal 100.00 rupiah generasi muda sudah dapat melakukan investasi. Sedangkan hasil pemaparan dari narasumber kedua dari MNC sekuritas (Made Cahyani Prastuti, S.E) yaitu tentang rekomendasi investasi yang bisa dibeli oleh mahasiswa dengan modal yang kecil. Maka dengan pengenalan investasi tepatlah kiranya muncul pertanyaan besar yaitu “Begin with the End in Mind, How to Start an Investment?” Melalui investasi saham, dikenal pula dengan high risk high return. Maksudnya, profit yang dihasilkan dari berinvestasi saham sangat tinggi, meskipun memiliki risiko yang tinggi pula. Kita dapat meminimalisir risiko tersebut dengan cara menginvestasikan uang kita di saham–saham yang tergolong bluechip (saham perusahaan dengan kinerja terbaik di bursa saham). Dalam memilih saham – saham bluechip pun, kita harus memperhatikan fundamental perusahaan serta prospeknya untuk beberapa tahun ke depan, memberikan dividen secara rutin atau tidak, dan sebagainya. (team).