Perkembangan teknologi pada era 4.0 menyebabkan terjadinya perubahan perilaku serta gaya hidup masyarakat diberbagai sektor kehidupan, kondisi ini tentunya juga merambah ke dunia Bisnis. Segala kegiatan bisnis yang dahulunya dilakukan secara konvensional, perlahan mulai digantikan dengan sistem bisnis digital. Berbagai proses bisnis saat ini, mulai mengaplikasikan teknologi informasi dalam hal menciptakan suatu produk, hingga memasarkan produk tersebut sehingga dapat sukses terjual dipasaran. Guna menghadapi perkembangan tersebut, Balai Diklat Industri Denpasar menyelenggarakan Diklat Sosial Media Marketing Angkatan IV di Kabupaten Buleleng bekerja sama dengan Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menangah (DisdagprinkopUKM) Kabupaten Buleleng serta Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Kegiatan yang berlangsung selama 6 hari penuh mulai hari Senin tanggal 28 Juni 2021 s.d Sabtu 03 Juli 2021 ini, dibuka secara resmi oleh Bapak Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si selaku Kepala DisdagprinkopUKM Kabupaten Buleleng didampingi oleh Bapak Dr. Gede Adi Yuniarta, S.E., Ak., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Undiksha serta Ibu Zya Labiba, S.Si., M.T selaku Kepala Balai Diklat Industri Denpasar.
Acara pembukaan Diklat Sosial Media Marketing Angkatan IV diawali dengan laporan dari Ibu Zya Labiba, S.Si., M.T. selaku Kepala Balai Diklat Industri Denpasar. Beliau mengungkapkan bahwa diklat ini memiliki tujuan untuk menciptakan pengusaha mikro, kecil, dan menengah yang bergerak dalam perindustrian menjadi unggul di bidang social media marketing. Pada kesempatan tersebut, Beliau juga menjelaskan bahwa diklat yang diberikan menggunakan kurikulum 50 jam pelajaran dengan mengimplementasikan metode 3 in 1 yakni pelatihan, sertifikasi dan penempatan. Setelah pemberian laporan mengenai kegiatan diklat selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Dr. Gede Adi Yuniarta, S.E., Ak., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Undiksha. Dalam sambutannya Beliau menyatakan bahwa peran teknologi digital sangat penting dalam memasarkan suatu produk saat ini dan sebisa mungkin dikuasai oleh para pelaku bisnis, Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh DisdagperinkopUKM Kabupaten Buleleng serta Balai Diklat Indistri Denpasar kepada Fakultas Ekonomi Undiksha sebagai tempat menyelenggarakan Diklat Sosial Media Marketing Angkatan IV ini. Acara pembukaan ditutup sambutan dari Bapak Drs. Dewa Made Sudiarta, M.Si selaku Kepala DisdagprinkopUKM Kabupaten Buleleng, Beliau menyampaikan agar para pelaku UMKM di Buleleng selalu memiliki jiwa tanggap dan Tangguh dalam menciptakan solusi dalam memasarkan komoditi yang mereka miliki ditengah Pandemi COVID-19. Beliau juga menambahakan agar pengusaha senantiasa mengembangakan ekosistem bisnisnya melalui transformasi digital agar tetap dapat eksis mengembangkan inovasi dalam menghasilkan produk tertentu.
Kegiatan Diklat Sosial Media Marketing Angkatan IV ini diikuti para pelaku UMKM di Kabupaten Buleleng serta Mahasiswa yang tergabung dalam wadah Young Entrepreneur Association (YES) Fakultas Ekonomi Undiksha. Nantinya para peserta ini akan mengikuti ujian kompetensi pada hari Sabtu tanggal 03 Juli 2021 guna mendapatkan sertifikat Diklat dari Kemenperin Republik Indonesia serta setifikat kompetensi dalam bidang social media marketing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia. Secara keseluruhan kegiatan pembukaan Diklat Sosial Media Marketing Angkatan IV yang dilaksanakan di Ruangan C1 Fakultas Ekonomi Undiksha ini berjalan dengan lancar serta selalu menerapkan protokol Kesehatan di setiap tahapannya. (tim)