Setiap lembaga pendidikan senantiasa selalu berupaya untuk meningkatkan kuliatas dan mutu pendidikan serta lulusannya agar selalu diminati oleh masyarakat, salah satu cara mengukur tingkat kualitas dan mutu suatu lembaga pendidikan adalah melalui akreditasi. Akreditasi tidak hanya diperlukan bagi lembaga pendidikan pada tingkatan Universitas semata, namun juga diperlukan pada tingkatan Program Studi. Hal ini dikarenakan akreditasi menentukan kelayakan Program Studi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan tentunya menjamin mutu Program Studi baik pada bidang akademik maupun non akademik guna melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.
Berpegang pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, maka Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia atau (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) menyepakati dibentuknya Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (LAMEMBA). Eksistensi LAMEMBA diperkuat dengan adanya peluncuran peralihan akreditasi Program Studi pada Bulan Desember tahun 2021 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) bersama dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dimana akreditasi Program Studi yang awalnya dilakukan oleh BAN-PT akan dialihkan kepada Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Sehingga untuk Akreditasi Program Studi saat ini seluruhnya dilakukan oleh LAM.
Sebagai salah satu Program Studi di Lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha yang sudah terakreditasi, Program Studi S1 Akuntans sedang mempersiapkan proses reakreditasi oleh LAMEMBA karena akreditasi dengan nilai B yang sebelumnya dilakukan oleh BAN PT akan berakhir pada akhir tahun 2022. Oleh karena itu pada hari Rabu 18 Mei 2022, dilaksanakan rapat koordinasi mengenai persiapan akreditasi Program Studi S1 Akuntansi yang bertempat di ruang C1. Dalam rapat koordinasi yang dihadiri segenap Pimpinan Dekanat, Gugus Kendali Mutu Fakultas, Ketua Lab Fakultas, Ketua Jurusan, Koordinator Program Studi serta seluruh Dosen Program S1 Akuntansi, Bapak Dr. Gede Adi Yuniarta, S.E., Ak., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi menekankan perlunya menjalin komunikasi serta koordinasi lintas unit di lingkungan Fakultas Ekonomi untuk membantu kelancaran proses akreditasi yang nantinya akan berlangsung pada akhir tahun 2022. Selain itu, Bapak Dekan juga menjelaskan tentang adanya 3 aspek yang menjadi fokus utama LAMEMBA dalam melakukan reakreditasi meliputi: evaluasi diri, evaluasi Prodi serta pedoman penilaian. Pada pedoman penilaian nantinya akan dilakukan penilaian mengenai kinerja yang selama ini dilakukan segenap Dosen Program Studi S1 Akuntansi mengenai kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan selama ini.
Pada akhir kegiatan rapat dilaksanakan sesi diskusi bersama untuk menyatukan persepsi seluruh peserta rapat koordinasi, sehingga diharapkan nantinya terjalin komunikasi, koordinasi dan konsolidasi hingga berakhirnya proses akreditasi oleh LAMEMBA. Secara keseluruhan rapat koordinasi berlangsung secara lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan yang anjurkan oleh pemerintah. (tim)